Thursday 7 January 2016

Sejarah Terpilihnya Pinguin Menjadi Maskot LINUX

Assalamualaikum. Wr. Wb

Untuk post ini saya akan membahas tentang maskot LINUX.

Kenalkah kalian dengan pinguin kece ini atau kalian pernah melihatnya, ya pingin kece ini adalah maskot kebanggangan linux mungkin kalian ada yang bertanya kenapa sih linux memilih pinguin menjadi maskot mereka kenapa tidak harimau, komodo atau yang lainya, ada cerita menarik dibalik terpilihnya pinguin ini menjadi maskot. 

TUX adalah nama pinguin lucu ini, pemilihan pinguin ini saat Linus Torvalds sedang berjalan-jalan di taman Perth. Saat sedang berjalan itu lah Linus Torvalds di patok oleh seekor Pinguin dan demam selama berhari-hari. Ia berfikir bahwa karakter pinguin cocok untuk menjadi logo dari sistem operasi barunya itu. Maka diadakan sebuah kompetisi untuk mendesain Logo Linux yang baru, dan kompetisi itu dimenangkan oleh Larry Ewing yang berhasil menggambarkan seekor pinguin yang sedang duduk.

Nama TUX sendiri adalah gabungan dari nama Torvald's UniX, nama TUX sendiri juga mempunyai penguasa hukum atau penanggung jawabnya. Nama tersebut ditanggung jawabi oleh James Hughes. Belum sampai disitu saja perjalanan si Tux ini. Linus kemudian mendaftarkan Tux sebagai logo atau trademark nya Linux. Hal itu dilakukan agar tidak terjadinya pemalsuan karakter logo atau trademark.

Nah, sampai sekarang Tux tetap masih setia menemani sistem operasi yang dibuat oleh Linus Torvalds yaitu Linux.


Demikianlah yang bisa saya share untuk sekarang maaf jika salah-salah kata. 
Jangan lupa untuk di like dan share
Like Fanpage Mungkin.tau dan follow Twitter Mungk1ntau

0 comments:

Post a Comment