Friday 8 January 2016

Mengenal Open Source

Assalamualaikum. Wr. Wb

Pada post ini saya akan membahas tentang Open Source, pengertian dan juga contoh-contohnya.

Open source adalah segala software yang dibuat dengan perizinan bebas untuk disalin kembali sekaligus boleh dimodifikasi sendiri. Open Source adalah perizinan atau lisensi. Namun istilah open source bergeser pemakaiannya dari menyebut perizinan menjadi sebutan untuk sofware yang memiliki perizinan seperti itu. Contoh software yang memiliki lisensi open source adalah Mozilla Firefox, Apache, MySQL, Mediawiki, Wordpress, dan banyak lagi.

open source sebagai nama perizinan. Terdiri dari kata open dan kata source dalam Bahasa Inggris. Artinya, buka sumber. Programer yang berbahasa Inggris kerap menyebut kode sumber (source code) sebagai 'source' saja. Ini sama dengan kita yang sering menyebut sepeda motor sebagai 'motor' saja. Setiap aplikasi yang perizinannya open source, biasanya membolehkan pengguna untuk mengubah program dari kodenya (bukan sekadar registri atau pengaturan belaka). Sebagian besarnya pula, karena open source, gratis untuk diunduh dan tidak ada registrasi serial number apa pun. Inilah dua ciri khas open source yang patut diketahui.  
open source sebagai aplikasi, yang menjadikannya istilah yang paling banyak digunakan. Kita menyebut Mozilla Firefox itu open source menjadi benar karena memang ia memiliki perizinan open source. Karena open source ini, aplikasi tersebut pasti dikembangkan oleh banyak orang dari seluruh dunia. Siapa saja bisa bergabung untuk ikut mengembangkannya. Bayangkan saja kalau membuat suatu produk kerajinan tangan dengan dibantu pengrajin dari berbagai negara, dan selesai. Seperti itulah yang terjadi di kalangan open source setiap harinya. 
open source untuk menghemat devisa negara. Karena gratisnya dan kelebihannya itu, open source dapat membantu berkurangnya devisa negara kita yang dipakai untuk membeli aplikasi berbayar yang harganya biasanya lebih dari 1 juta rupiah per unit. Sedangkan jumlah komputer di pemerintahan negara kita mencapai ratusan bahkan ribuan, sehingga lebih bijak kiranya beralih ke open source. Kita mulai dari diri kita sendiri, agar dana yang sebelumnya untuk aplikasi mahal, menjadi yang lebih bermanfaat semisal untuk dana sekolah anak-anak yatim atau anak-anak putus sekolah. Ini jelas suatu kebijakan yang patut didukung. Karena kalau tidak, akan banyak dana kita yang lari ke negara kapitalis. Semoga pemerintah negara kita dapat segera merealisasikannya dan semoga kita sendiri berkenan melakukannya. 

Demikianlah yang bisa saya share untuk sekarang maaf jika salah-salah kata. 
Jangan lupa untuk di like dan share

Like Fanpage Mungkin.tau dan follow Twitter Mungk1ntau

0 comments:

Post a Comment